• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Pelatihan dan Bimtek Pantarlih di Desa Gandasoli untuk Tingkatkan Kualitas Pemutakhiran Data Pemilih

    NUSANTARA NEWS
    Senin, 24 Juni 2024, 19:21 WIB Last Updated 2024-06-24T12:33:44Z


    SUKABUMI - NUSANTARANEWS - Dalam rangka meningkatkan kualitas pemutakhiran data pemilih, Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis bagi petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) guna memastikan akurasi dan efektifitas pendataan menjelang pilkada. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh sejumlah petugas Pantarlih dari kecamatan Cikakak  Kabupaten Sukabumi.


    Acara tersebut diadakan di gedung sekolah Mts Gandasoli dan dihadiri kepala desa Gandasoli Ece Kurniawan, BPD desa Gandasoli Duduh Darussalam, Babinkamtibmas Saeful M, serta pengawas. Pada Senin (24/06/2024)



    Ketua PPS Desa Gandasoli, Sahrul Sidiq, menyatakan bahwa kegiatan hari ini adalah bimbingan teknis (bimtek) pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di Desa Gandasoli. Kurang lebih ada 7 orang yang dikukuhkan hari ini dari empat TPS di Desa Gandasoli".


    "Dari ke empat TPS tersebut, tiga TPS memiliki dua orang pantarlih, sedangkan satu TPS memiliki satu orang pantarlih. Hal ini karena jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut kurang dari 400 pemilih, sehingga hanya membutuhkan satu orang pantarlih. Ujar Sahrul Sidiq 



    Ia juga menambahkan, "Pada Pilkada ini, di desa Gandasoli  terdapat ada empat TPS yang meliputi 16 RT dengan jumlah pemilih sekitar 1712 orang. Masa kerja pantarlih ini adalah satu bulan, mulai dari hari ini, 24 Juni, hingga 24 Juli nanti".


    pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai tugas dan tanggung jawab Pantarlih dalam proses pemutakhiran data pemilih. "Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, para petugas Pantarlih dapat bekerja dengan lebih efektif dan akurat dalam melakukan pendataan pemilih di wilayah desa Gandasoli," pungkasnya



    Dalam kegiatan ini, peserta diberikan berbagai materi penting, termasuk teknis pemutakhiran data, penggunaan alat bantu pemutakhiran, serta cara berkomunikasi yang efektif dengan masyarakat. 


    Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan para petugas Pantarlih di Kabupaten Sukabumi, khususnya di Desa Gandasoli, dapat melaksanakan tugas pemutakhiran data pemilih dengan lebih baik, sehingga proses pilkada dapat berjalan dengan lancar dan demokratis.


    (Ismet /Sopiyan)


    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU