• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Drs. H. Asep Japar Hadiri Seren Tahun Kampung Adat Cipta Mulya: Mengapresiasi Budaya dan UMKM

    NUSANTARA NEWS
    Minggu, 28 Juli 2024, 12:51 WIB Last Updated 2024-07-28T17:11:20Z

     


    SUKABUMI | NUSANTARANEWS  – Kampung Adat Cipta Mulya kembali menggelar acara seren tahun, sebuah tradisi tahunan yang sarat dengan berbagai kegiatan adat dan budaya Sunda. Acara yang berlangsung meriah pada Sabtu petang ini turut dihadiri oleh Bakal Calon Bupati Sukabumi, Drs. H. Asep Japar.


    Dalam perayaan ini, berbagai kegiatan adat seperti upacara adat, pertunjukan seni tradisional, dan pameran produk-produk UMKM lokal menghiasi suasana Kampung Adat Cipta Mulya. Masyarakat setempat dan pengunjung dari berbagai daerah memadati lokasi acara, menikmati kemeriahan yang disajikan oleh panitia dan warga kampung adat.



    Drs. H. Asep Japar, yang akrab disapa Kang Asjap, terlihat antusias mengikuti rangkaian acara. Saat ditemui awak media, Kang Asep mengungkapkan rasa syukurnya atas undangan dari Abah Hendrik, tokoh adat Kampung Cipta Mulya, dan menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya pelestarian budaya Sunda.


    "Saya hadir disini kebetulan ada undangan dari Abah dalam rangka seren tahun. Di Sukabumi ini kan banyak potensi seperti ada beberapa kampung adat yang harus dilestarikan budaya Sunda ini dan kita harus kembangkan kedepannya antara pemerintah dan kampung adat ini," ujar Kang Asjap.



    Lebih lanjut, Kang Asep juga mengapresiasi peran pelaku usaha UMKM yang turut meramaikan acara. "Saya juga melihat tadi di sepanjang jalan para pelaku usaha UMKM itu penuh, dan insyaallah dengan adanya seren tahun ini sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat. Kita harus kembangkan dan kita harus jaga budaya Sunda yang ada di Kabupaten Sukabumi," tambahnya.


    Menurutnya, tradisi seperti seren tahun ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata yang mampu meningkatkan perekonomian lokal. "Ini kan potensi wisata bagi Kabupaten Sukabumi kedepannya. Kita bisa kolaborasi antara pemerintah dan kampung adat ini, insyaallah kedepannya bisa lebih berkembang lagi," tutup Kang Asjap.



    Acara seren tahun Kampung Adat Cipta Mulya tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, tetapi juga momentum untuk memperkuat sinergi antara pemerintah, masyarakat adat, dan pelaku UMKM dalam upaya memajukan Kabupaten Sukabumi.


    (Ismet /Wahyu)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU