• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Festival Panen Raya Raka Kreasi: Menggali Potensi dan Inovasi Serta Budaya di Desa Cidadap

    NUSANTARA NEWS
    Sabtu, 13 Juli 2024, 21:03 WIB Last Updated 2024-07-13T14:11:33Z

     


    SUKABUMI | NUSANTARANEWS - Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, menjadi saksi kemeriahan Festival Syukuran Panen Raya Raka Kreasi Pertanian Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal dan Inovasi. Sabtu (13/07/2024)


    Acara yang digelar untuk menciptakan generasi petani emas 2024 ini berlangsung meriah diawali penaburan cai kahuripan dari Kasepuhan Sinaresmi serta beragam lomba dan kreasi, seperti lomba dongdang hasil bumi, lomba kreasi mojang tani, lomba kreasi tumpeng, dan lomba kreasi Bebegig. Festival ini dimeriahkan oleh kesenian tradisional budaya Sunda Kecamatan Simpenan, menambah semarak suasana di Desa Cidadap.



    Kepala Desa Cidadap, Deden Anta Nurman, dalam wawancaranya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir dan berpartisipasi, termasuk para stekholder, PT Indonesia Power, pihak kecamatan, Danramil, Kapolsek, dan seluruh masyarakat yang telah mendukung acara ini. "Festival ini bukan hanya sebagai ajang syukuran panen, tetapi juga sebagai upaya untuk regenerasi petani emas, terutama pemuda tani," ujar Deden.



    Deden menekankan pentingnya keberlanjutan program ketahanan pangan dan peran aktif para petani dalam memastikan ketersediaan pangan. "Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kelompok tani di Desa Cidadap dapat maju, makmur, dan sejahtera. Saat ini, terdapat 13 kelompok tani aktif yang diharapkan terus berkembang," tambahnya.


    Perwakilan dari PT Indonesia Power PLTU Jabar Dua, Asep Trisna Nurhakim, juga turut menyampaikan dukungannya. "Kami dari PT Indonesia Power selalu bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah dalam pemberdayaan pertanian. Kami melihat potensi besar di Desa Cidadap dan berkomitmen untuk terus mendukung inovasi di bidang pertanian," ujarnya.



    Asep menekankan pentingnya keterlibatan generasi muda dalam sektor pertanian. "Pertanian tidak hanya untuk generasi tua, tetapi juga harus melibatkan generasi muda. Banyak inovasi yang bisa dikembangkan, dan program ini harus berlanjut sesuai dengan jargon kita, yaitu pertanian berkelanjutan berdasarkan kearifan lokal dan inovasi," jelas Asep.



    Festival ini diharapkan menjadi acuan bagi regenerasi pertanian di Kabupaten Sukabumi, khususnya di Desa Cidadap, dan menjadi momentum penting dalam mendorong kemajuan sektor pertanian yang berbasis kearifan lokal dan inovasi.


    (Ismet)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU