• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Penindakan Gabungan Berhasil Lumpuhkan Tiga Anggota Kelompok Teranus Enumbi di Puncak Jaya

    NUSANTARA NEWS
    Rabu, 17 Juli 2024, 13:24 WIB Last Updated 2024-07-17T09:10:10Z

     


    PUNCAK JAYA | NUSANTARANEWS -  Tim Kresna-4 berhasil mendapatkan informasi penting mengenai keberadaan Teranus Enumbi dan kelompoknya di Kios Mutiara Hitam, Kp. Karubate, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah. Informasi ini diterima dari jaringan yang menandai posisi mereka di koordinat 53M 828648 9590472.Selasa (16/07/2024)


    Menindaklanjuti informasi tersebut, tim Kresna-4 segera menghubungi Letkol Inf. Noval Darmawan, Dansatgas 753/AVT, untuk meminta bantuan dalam melaksanakan penindakan terhadap Teranus Enumbi dan kelompoknya. Dansatgas 753/AVT kemudian memerintahkan Pasiop Satgas 753/AVT untuk segera menyiapkan tim penindak.



    Pada pukul 19.33 WIT, Tim Kresna-4 menerima informasi keberadaan Teranus Enumbi di Kp. Karubate, Distrik Muara. Pukul 19.40 WIT, dua tim gabungan yang terdiri dari Satgas Yonif 753/AVT, Satgas Elang IV, dan Satgas Mandala IV mulai melaksanakan persiapan. Pukul 19.55 WIT, seluruh tim berangkat menggunakan tiga kendaraan Strada menuju lokasi Kios Mutiara Hitam.


    Pukul 20.10 WIT, tim tiba di lokasi dan langsung menuju pintu depan Kios Mutiara Hitam. Pada pukul 20.12 WIT, Tim Alpha terlibat pertempuran singkat dengan satu orang yang keluar dari kios tersebut. Orang tersebut berteriak dan mengeluarkan satu pucuk laras pendek, sehingga Tim Alpha melumpuhkannya. Suara tembakan terdengar dari dalam kios, dan Tim Bravo yang masuk ke dalam kios berhasil melumpuhkan satu orang lagi, sementara empat orang lainnya melarikan diri dengan mendobrak pintu belakang. Salah satu dari mereka berhasil dilumpuhkan oleh Tim Bravo.


    Pukul 20.17 WIT, Tim Alpha melaksanakan pemeriksaan terhadap tiga mayat yang diduga anggota kelompok Teranus Enumbi. Pukul 20.40 WIT, dua tim gabungan kembali untuk konsolidasi.


    Identitas mayat yang ditemukan adalah sebagai berikut:

    1. Sonda Wanimbo, umur 33 tahun, agama Kristen, alamat Jl. Ilamburawi, Desa Ilamburawi, Puncak Jaya, pekerjaan petani, status belum kawin.

    2. Yotenus Wonda, umur 41 tahun, agama Kristen, alamat Purbalo, Desa Purbalo, Kecamatan Dokome, pekerjaan tidak bekerja, status kawin.

    3. Dominus Wonda, umur 36 tahun, agama Kristen, alamat Jl. Papua, Desa Karubate, Kecamatan Muara, pekerjaan pelajar, status kawin.



    Barang bukti yang diamankan di antaranya satu pucuk pistol rakitan dan satu buah bendera BK.


    Penindakan gabungan terhadap kelompok Teranus Enumbi merupakan upaya tegas dalam mengeliminasi ancaman gangguan KSTP. Mayat yang berhasil ditindak adalah simpatisan KSTP dan orang kepercayaan yang selalu mengikuti Teranus Enumbi.



    (Ismet)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU