• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Ikatan Emosional Jabar-Aceh: Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien Semarakkan PON XXI

    NUSANTARA NEWS
    Selasa, 20 Agustus 2024, 20:18 WIB Last Updated 2024-08-20T13:18:35Z

     


    SUMEDANG | NUSANTARANEWS  - Keterikatan emosional antara Jawa Barat (Jabar) dan Aceh terjalin erat, khususnya menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara. Hal ini terlihat dari ziarah para atlet Jabar ke makam Cut Nyak Dien, pahlawan nasional asal Aceh, di Kabupaten Sumedang.

     

    Makam Cut Nyak Dien, yang terletak di Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, menyimpan sejarah mendalam bagi kedua provinsi. Pahlawan nasional yang dikenal dengan sebutan "Ibu Perbu" atau "Ibu Suci" ini meninggal dunia di Sumedang pada 6 November 1908 dan dimakamkan di sana.

     

    Menjelang PON XXI, para atlet Jabar, dipimpin langsung oleh Komandan Kontingen PON XXI Jabar, Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, Ketua Umum KONI Jabar M. Budiana, dan jajaran pimpinan kontingen, mengunjungi makam Cut Nyak Dien sebagai bentuk penghormatan dan doa.

     

    "Ziarah ini bukan hanya untuk menghormati jasa-jasa Cut Nyak Dien dalam memperjuangkan kemerdekaan, tetapi juga untuk memohon restu dan semangat juang beliau agar kami bisa meraih prestasi terbaik di PON XXI," ujar Sukarma, atlet Rugby Jabar.

     

    Senada dengan Sukarma, Tia Darti Septiawati, atlet sepakbola putri Jabar, juga berharap semangat perjuangan Cut Nyak Dien dapat menular kepada para atlet Jabar. "Kami ingin mencetak sejarah di PON XXI dengan meraih medali emas dan mendukung target Jabar Hattrick," tegas Tia.

     

    Camat Sumedang Selatan, Marlina, yang juga berasal dari Aceh, menyatakan kebanggaannya atas ziarah para atlet Jabar ke makam Cut Nyak Dien. "Ikatan kekeluargaan antara Aceh dan Jabar sudah terjalin sejak lama, dan ziarah ini menjadi simbol kuatnya ikatan tersebut," ungkapnya.

     

    Marlina berharap, ziarah ini dapat membawa keberkahan dan kelancaran bagi kontingen Jabar dalam meraih target juara umum PON XXI. "Semoga para atlet Jabar selalu sehat, diberi kemudahan, dan mendapatkan hasil terbaik di Aceh dan Sumatera Utara," harapnya.

     

    Jabar, yang akan berjuang mempertahankan gelar juara umum PON untuk ketiga kalinya, menurunkan 1.200-an atlet untuk bertanding di 80-an cabang olahraga. Kontingen Jabar, di bawah kepemimpinan Kapolda Jabar Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, siap berjuang keras untuk meraih hattrick juara umum PON.


    (Endi Kusnadi)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU