• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Pemerintah Kabupaten Sukabumi Gelar Upacara Taptu dan Pawai Obor Jelang HUT ke-79 RI

    NUSANTARA NEWS
    Jumat, 16 Agustus 2024, 23:15 WIB Last Updated 2024-08-16T16:17:32Z

     


    SUKABUMI | NUSANTARANEWS  - Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan upacara penetapan waktu (Taptu) dan Pawai Obor untuk menyambut peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (16/8/2024). Acara yang berlangsung di depan Pendopo Palabuhanratu ini dihadiri oleh berbagai unsur pimpinan daerah, termasuk Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra yang memimpin upacara, serta Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan Wakil Bupati H. Iyos Somantri.



    Upacara Taptu merupakan tradisi yang digelar menjelang detik-detik peringatan Hari Kemerdekaan sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. "Upacara Taptu ini bertujuan untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif," ujar Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra.



    Pawai obor yang menjadi bagian dari rangkaian upacara tersebut diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta dari berbagai instansi pemerintah, lembaga pendidikan, Pramuka, hingga masyarakat umum. Api obor yang dibawa peserta di sepanjang rute pawai melambangkan semangat juang para pahlawan yang terus menyala.



    Setelah upacara selesai, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersama jajaran Forkopimda turut melepas peserta pawai obor. Rute pawai melintasi Jalan Raya Siliwangi, Pasar Palabuhanratu, Pangsor Lio, dan kembali ke Pendopo Palabuhanratu.



    Letkol Kav Andhi menambahkan, meskipun Kabupaten Sukabumi tidak memiliki makam pahlawan, tradisi Taptu tetap dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan melalui acara seperti ini. "Walau tidak ada makam pahlawan, semangat dan makna upacara tetap kita jaga melalui perhelatan ini," pungkasnya.


    (Ismet)


    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU