• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Penyerahan Alun-alun Gadobangkong Palabuhanratu: Wujud Komitmen Pemprov Jabar dan Pemkab Sukabumi untuk Kesejahteraan Masyarakat

    NUSANTARA NEWS
    Kamis, 12 September 2024, 13:14 WIB Last Updated 2024-09-12T06:15:33Z

     


    SUKABUMI | NUSANTARANEWS  – Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi menandatangani berita acara serah terima Alun-alun Gadobangkong Palabuhanratu, yang berlangsung di Pendopo Palabuhanratu, Kamis (12/09). Fasilitas publik tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Indra Maha, kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H Ade Suryaman.


    Acara tersebut turut disaksikan oleh Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta Camat Palabuhanratu. Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menyampaikan bahwa pembangunan Alun-alun Gadobangkong merupakan bukti komitmen bersama antara pemerintah daerah dan provinsi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Alun-alun ini menjadi salah satu proyek strategis Gubernur Jawa Barat tahun 2018-2023, khususnya dalam pengembangan sarana dan prasarana perumahan serta permukiman.


    "Ikon baru ini menjadi simbol kemajuan Ibu Kota Kabupaten Sukabumi. Kehadirannya diharapkan dapat menarik wisatawan dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," ujar Marwan. Ia juga menambahkan bahwa Alun-alun Gadobangkong, dengan berbagai fasilitasnya, akan menambah daya tarik kawasan wisata Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp).



    Bupati Marwan juga mengapresiasi dukungan Pemprov Jabar dalam pengembangan pariwisata Kabupaten Sukabumi, yang sejalan dengan Perpres nomor 87 Tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan Jawa Barat selatan. "Alun-alun ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial, budaya, dan ekonomi bagi masyarakat," tegasnya.


    Marwan berpesan agar masyarakat turut menjaga dan memelihara kawasan tersebut, mulai dari kebersihan hingga kenyamanannya. "Ruang terbuka publik yang representatif di Palabuhanratu sebagai Ibu Kota Kabupaten Sukabumi harus dijaga bersama oleh masyarakat," imbuhnya.


    Sementara itu, Indra Maha dari Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, menyatakan bahwa pembangunan Alun-alun Gadobangkong merupakan bentuk komitmen pemerintah provinsi dalam menciptakan lingkungan perumahan yang berkelanjutan. "Pembangunan yang penuh dinamika ini akhirnya rampung dan akan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi," jelasnya.


    Indra berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Sekda, dan jajaran pemerintahan daerah atas kerjasama yang baik. Semoga fasilitas ini membawa manfaat besar bagi Kabupaten Sukabumi," tutupnya. Kamis (12/9/24)


    (Ismet)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU