• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Solidaritas Insan Media dan Penulis (SIMPE) Gelar Munas, Edi Sutiyo Terpilih Sebagai Ketua Umum

    NUSANTARA NEWS
    Minggu, 08 September 2024, 19:13 WIB Last Updated 2024-09-08T12:13:20Z

     


    SUMEDANG | NUSANTARANEWS -  Solidaritas Insan Media dan Penulis (SIMPE) baru saja menggelar Musyawarah Tingkat 1 di Saung Bambu Parahiyangan Tanjung Sari Sumedang, Minggu (08/09/2024)


    Musyawarah ini merupakan bagian dari Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar untuk memilih ketua umum baru setelah berakhirnya masa bakti kepengurusan periode 2020-2023.

     

    Musyawarah dihadiri oleh praktisi jurnalis dari berbagai media di Indonesia, baik cetak, elektronik, maupun online, serta praktisi penulis dari berbagai kalangan.

     

    Pimpinan sidang musyawarah, Oki Ferdiansyah, S.Sos, yang juga merupakan salah satu pendiri SIMPE sejak 5 Juli 2020, membuka acara tersebut.  SIMPE resmi berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (KemHumHam) nomor 0009173.AH.01.07.Tahun 2020.

     

    Dalam musyawarah ini, Edi Sutiyo, SH, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum SIMPE untuk periode 2024-2027.  Nana Suryana Haryanto sebelumnya menjabat sebagai Pj. Ketua Umum.

     

    Selain pemilihan ketua umum, musyawarah juga mengukuhkan kembali Badan Pertimbangan Organisasi yang baru, yaitu Rahman Efendi, SE., M.Si, Oki Ferdiansyah, S.Sos, Drs. Jajang Romli, Aji Sodikin Soleh, dan Maman Suparman, SH.

     

    Oki Ferdiansyah menjelaskan bahwa musyawarah ini dilakukan secara normatif berdasarkan prosedur dan ketentuan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga SIMPE.

     

    "Dengan adanya kepengurusan baru ini, diharapkan SIMPE dapat lebih solid dan dapat saling menjaga marwah pers yang beretika serta menempatkan profesionalitas sebagai pelaku jurnalis," harap Oki.

     

    Edi Sutiyo, SH, selaku Ketua Umum terpilih menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya dan mengucapkan hormat kepada kepengurusan sebelumnya.

     

    Menurut Edi, SIMPE merupakan wadah untuk memperkuat silaturahmi dan meningkatkan profesionalitas para pelaku jurnalistik yang tergabung di dalamnya.

     

    "Kita harus profesional dalam menjalankan tugas, menjaga netralitas yang independen, dan memperkuat silaturahmi di antara kita untuk saling mengingatkan agar menambah manfaat yang positif," ujar Edi di hadapan seluruh anggota SIMPE.

     

    Edi berharap, SIMPE dapat menjadi wadah untuk meningkatkan etos kerja jurnalistik yang handal dan menjaga marwah nilai-nilai etika serta menjalankan tugas sesuai ketetapan undang-undang.


    (Endi Kusnadi)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU