• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Apel Siaga Pilkada Serentak 2024 di Sukabumi: Fokus pada Pencegahan Pelanggaran dan Pengawalan Demokrasi

    NUSANTARA NEWS
    Rabu, 09 Oktober 2024, 17:41 WIB Last Updated 2024-10-09T10:42:49Z

     


    NUSANTARANEWS | SUKABUMI – Pada Rabu (9/10/2024), Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Serentak 2024 tingkat Kabupaten Sukabumi digelar di Lapangan Hotel Selabintana, Desa Warnasari, Kecamatan Sukabumi. Apel ini dihadiri oleh berbagai unsur terkait, termasuk perwakilan dari TNI, Polri, dan pemerintah daerah.


    Hadir dalam apel tersebut di antaranya Kabid Satpol-PP Kabupaten Sukabumi, Bapak Adang Hidayat; Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri; Kapten Inf Jupriyanto (mewakili Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi); Kapten Inf Sulaeman (mewakili Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi); Kabid Wasda Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Bapak Andri; serta para anggota Polres Sukabumi, Kodim 0607, Kodim 0622, Bawaslu Kabupaten Sukabumi, dan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Sukabumi.



    Dalam amanatnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Faisal Rifa'i, S.H.I., MM, yang bertindak sebagai pembina apel, menekankan pentingnya menjaga integritas dan fokus dalam mengawal demokrasi. Ia mengingatkan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 hanya tinggal 48 hari lagi.


    "Sisa tahapan kampanye tinggal 45 hari lagi, oleh karena itu semua Panwaslu, PKD, dan petugas pengawas lainnya harus fokus," ujar Faisal. Ia juga meminta para pengawas untuk melakukan upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran di lapangan, termasuk mengawasi keterlibatan ASN, kepala desa, dan penggunaan alat peraga kampanye.


    Selain itu, Faisal mengingatkan agar pada masa tenang, para pengawas tidak hanya mengawasi alat peraga kampanye, namun juga menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya. "Saya sampaikan, jangan ada pengawas pemilu yang tidak bisa menjaga integritasnya," tegasnya.



    Apel siaga ini dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Sukabumi dan ditandai dengan penekanan tombol sirine sebagai simbol kesiapan. Pengamanan dalam apel ini melibatkan personel dari Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Polres Sukabumi, serta Satpol-PP Kabupaten Sukabumi.


    Acara ini menjadi wujud kesiapan semua pihak dalam mengawal kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Serentak 2024 di Kabupaten Sukabumi. 


    (Ismet)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU