• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Pemerintah Kabupaten Sukabumi Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

    NUSANTARA NEWS
    Selasa, 01 Oktober 2024, 12:56 WIB Last Updated 2024-10-01T05:57:26Z

     


    NUSANTARANEWS | SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Alun-Alun Palabuhanratu pada Selasa, 1 Oktober 2024. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra.


    Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang peristiwa G30S/PKI yang mengakibatkan gugurnya enam jenderal dan satu perwira pertama TNI AD pada malam pergantian 30 September ke 1 Oktober 1965.



    Dalam amanatnya, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra mengajak generasi muda untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. "Sebagai generasi penerus, kita harus bangga dengan Pancasila yang telah dibentuk oleh para pendahulu," ujarnya.


    Dandim menekankan pentingnya menanamkan rasa cinta tanah air dan persaudaraan. Ia berharap peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum untuk melestarikan, mengamalkan, serta mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Kita harus memahami dan mencintai nilai-nilai dasar Pancasila," tegasnya.



    Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H Ade Suryaman, menambahkan bahwa generasi muda harus menggaungkan nilai-nilai Pancasila, yakni nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. "Persatuan bangsa harus terus dipertahankan dengan berlandaskan lima sila Pancasila," pungkasnya.


    (*Red)




    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU