• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Perjuangan Dafa: Anak Pengidap Thalasemia di Cirendang Sukabumi Akhirnya Dapat Perhatian Pemerintah dan Bantuan Sosial

    NUSANTARA NEWS
    Rabu, 02 Oktober 2024, 22:27 WIB Last Updated 2024-10-03T00:57:25Z

     


    NUSANTARANEWS | SUKABUMI -  Setelah bertahun-tahun berjuang melawan penyakit langka thalasemia, Dafa, bocah berusia 11 tahun asal Kampung Cirendang, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, akhirnya mendapatkan perhatian dari pemerintah. Kementerian Sosial, melalui tim dari Sentra Phalamartha, bersama dengan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) yang menaungi enam kecamatan, melakukan kunjungan ke rumah Dafa untuk memberikan dukungan serta bantuan. Rabu (02/10/2024)


    Rombongan dari Kementerian Sosial dan IPSM menyambangi rumah Dafa dengan membawa bantuan berupa sembako serta mainan untuk Dafa. Selain itu, dukungan jangka panjang juga diberikan kepada keluarga Dafa, yaitu Dadin (41) dan Eneng (35), dengan harapan dapat meringankan beban keluarga di masa mendatang. Bantuan ini menjadi angin segar bagi keluarga yang tinggal di Kampung Cirendang RT 03/01, Desa Cirendang, Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. 



    Dalam wawancaranya, Penyuluh Sosial dari Kementerian Sosial, Sentra Phalamartha, Aditya Sulaksono, menyampaikan bahwa, respons cepat pemerintah terhadap kasus Dafa yang sempat viral beberapa waktu lalu di media. "Alhamdulillah, kami merespon cepat terkait kasus Dafa yang mengidap penyakit langka yaitu thalasemia. Kami menurunkan tim yang terdiri dari perawat dan pekerja sosial untuk melakukan asesmen awal serta menyiapkan langkah-langkah bantuan jangka panjang bagi keluarga Dafa," ujar Aditya.


    Salah satu langkah konkret yang diambil adalah memperbaiki administrasi BPJS Dafa. Selama ini, Dafa menggunakan BPJS umum, dan tim telah berkoordinasi dengan pihak desa untuk mengurus BPJS yang ditanggung pemerintah. "Besok, Dafa akan melanjutkan pemeriksaan kesehatan di RSUD Palabuhanratu. Harapan kami, Dafa bisa melanjutkan sekolah lagi karena ia juga punya hak untuk mendapatkan pendidikan," tambah Aditya.



    Maulana, Ketua IPSM yang membawahi enam kecamatan, turut menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu responsif terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan. "Sebetulnya ini adalah tugas kami, walaupun ada pihak-pihak lain yang lebih berwenang, namun kami ingin tetap berperan aktif membantu masyarakat yang membutuhkan," ungkap Maulana.


    Keluarga Dafa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah serta berbagai pihak. Kami juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada media NUSANTARANEWS dan NS TV, karena pemberitaan mereka telah berhasil menarik perhatian pemerintah, khususnya Kementerian Sosial, untuk membantu kami.



    Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban keluarga Dafa sekaligus memberikan harapan bagi masa depan Dafa yang lebih baik. Pemerintah dan masyarakat berharap agar Dafa bisa segera pulih dan melanjutkan aktivitasnya, termasuk bersekolah, seperti anak-anak seusianya.


    (Ismet /Idris)


    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU